Setelah
anda punya konten pilar dan ada punya rencanan untuk mengeluarkan rangkaian
konten serupa, langkah berikutnya adalah menarik orang dan tunjukkan ke mereka
betapa mengagumkan konten anda. Inilah saatnya marketing menjadi penting dan
seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, pemasaran blog adalah tentang membangun
kanal komunikasi.
Sebuah kanal komunikasi adalah cara untuk
memberi tanda seseorang dan menyebabkan mereka melakukan sesuatu, biasanya
mengklik sebuah link dan mengunjungi blog anda. Ada banyak cara untuk membangun
kanal komunikasi, dari yang mudah sampai yang rumit dan memakan waktu.
Apakah anda pernah mendengar pernyataan “ada
uang ada barang”?
Pernyataan tadi sangat cocok dengan pemasaran
blog. Hal-hal yang mudah untuk dilakukan biasanya tidak ampuh. Hal-hal yang
membutuhkan lebih banyak waktu dan perjuangan memberikan hasil yang lebih bagus
dengan lebih banyak trafik.
Berikut adalah contoh singkatnya:
Taktik: Meninggakan komentar di blog lain.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa meninggalkan
komentar di blog lain akan menarik orang untuk mengunjungi blog anda.
Setiap komentar yang anda tinggalkan akan
meniggalkan link ke blog anda. Hal yang perlu anda lakuakan adalah menyisikah
sedikit waktu untuk menuliskan satu dua buah kaliamat, dan ta-da, anda
mendapatkan sebuah kana informasi yang akan membuat orang mengunjungi blog
anda.
Itu adalah taktik sederhana yang banyak
dilakukan orang. Komentara ada di mana-mana sementara itu adalah bagian dari
fenomena blog, komentar sebagai alat pemasaran efektifitasnya sangat buruk. Itu
hanya akan memberikan beberapa trafik pengunjung.
Ada
cara yang lebih ampuh untuk menjadikan komentar sebagai kanal komunikasi.
Sebagai contoh, luangkan lebih banyak waktu untuk setiap komentar sehingga anda
memberikan nilai yang signifikan pada pembicaraan tersebut, fokuskan lebih
banyak komentar pada beberapa blog kunci dan gunakan komentar sebagai saran
membangun hubungan dengan blogger terkenal.
Taktik: Tulis sebuah report gratis 30 halaman
dan rilis di blog anda, kemudia emailkan ke blogger lain supaya mereka
mengetahuinya.
Sebuah teknik yang ampuh adalah meluangkan
waktu seminggu untuk menulis laporan yang komprehensif, rilis di blog anda,
emailkan ke beberapa blogger terkenal dan biarkan mereka memeriksanya.
Hasilnya bisa bervariasi, tetapi jika semua
berjalan lancarakan banyak sekali blog yang ngelink ke blog anda untuk
merekomendasikan report itu, memberikan banyak sekali pembaca baru. Jika anda
mempunya konten pilar di TKP :), anda akan mengubah banyak sekali pengunjung
pertama menjadi pengunjung regular dan bam, audien instan.
Saya sadari ini adalah kanal komunikasi
dengan napas dan jangkauan luas. Ini seperti sungai yang besar ketimbang aliran
kecil – sebuah teknik pemasaran blog yang terus memeberikan trafik beberapa
bulan bahkan beberapa tahun mendatang.
Jika anda mencari contoh dari teknik ini
lihatlah laporan yang sedang anda baca sekarang. pastikan untuk memfoward
laporan ini ke seluruh teman anda dan buatlah posting di blog anda untuk
merekomendasikan donwbload report ini juga, jadi anda bisa membantu untuk membuktikan
maksud saya :-) .
0 Response to "Bagaimana Cara Memasarkan Blog?"
Posting Komentar