Tidak adan rumusan jelas untuk mebuat artikel
yang nantinya menjadi pilar, tapi ada beberapa karakteristik kunci yang bisa
ada kerjakan dengannya.
Anda mungkin akan terkejut melihat beberapa artikel
menjadi pilar meskipun tidak anda harapkan, atau kebalikannya anda mengharapkan
sebuah artikel menjadi pilar tetapi tidak membawa trafik sama sekali.
Ada beberapa sifat artikel pilar yang bisa
anda posting ke blog anda:
1. Artikel “How-To”
Ini
adalah konsep artikel pilar staple. Pikirkan tentang industri anda dan
tulislah sebuah artikel yang mengajarkan bagaiman melakukan sesuatu tentang
topik yang anda kuasai dan mempunyai pengalaman disana.
Beberapa kemungkinan contoh :
● Jika
anda seorang konsultan pemasaran, tulislah beberapa saran tentang bagaimana
memasarakan sebuah bisnis tanpa mengeluarkan uang.
● Jika
anda blogging tentang anjing, tulislah bagaimana memilih nama anjinh yang
sesuai.
●
Jika
anda blogging tentang makanan, tulislah resep untuk emnyiapkan hidangan.
● Jika
anda blogging tentang kehidupan anda, tulislah panduan how-to dalam
pengembangan diri dari pelajaran pengalaman hidup yang sudah anda dapatkan
(contohnya Bagaimana anda mendapatkan sebuah pekerjaan, bagaimana anda
memutuskan hubungan dengan pacar anda dll)
Ini harus beralasan dimana topik how-to
sangat popular dan relevan dengan audien anda dan anda merasa punya kemampuan
untuk mejelaskannya. Ingatlah untuk mencerikan cerita jika ada bisa!
2. Artikel definisi
Beberapa industri mempunyai konsep yang tidak
diketahui pembaca baru. Jika sebuah konsep itu rumit, buat sebuah artikel pilar
yang menjelaskan konsep itu, memaparkan dengan jelas apa artinya dan bagaimana
ini bisa di implementasikan.
Ini mungkin kelihatan sederhana dan
mebingungkan buat anda, tapi ingatlah bahwa anda ahli kdibidang anda, jadi
jelaskan ini kepada pendatang baru dengan sederhana dan, tentunya, cobalah
mengatakan sebuah cerita sebagai contoh. Sebuah halaman definisi glosary adalah
sebuah sebuah artikel pilar yang bagus.
Jika ada beberapa konsep kunci yang menarik
di industri anda, tulislah seuah artikel yang mendaftar konsep-konsep itu dan
berikan satu paragraf untuk medifinisikan setiap konsep. Sebuah resource
seperti ini sangat bagus sebagai bagian referensi dan direferensikan balik oleh
blog dan website lain.
Anda mungkin bertanya kenapa melakukan hal
ini jika kebanyakan istilah itu sudah didefiniskan di tempat lain seperti wikipedia?
Tidak mejadi masalah untuk ngelink ke website
lain khususnya untuk istilah pendek ketika anda baru memulai, tapi akan lebih
baik jika menuliskan definisi sendiri. Hal ini akan menjaga pembaca tetap ke
blog anda, meningkatkan pageview (jumlah total halaman yang dibaca pembaca blog
anda) dan visitor lenght (berapa lama para pembaca tinggal di blog anda).
Anda bisa menjelaskan dengan bahasa anda
sendiri, menggunakan cerita dan suara unik anda sendiri. hal ini mebangun
kredibilitas dan kepercayaan.
Lebih
cerdas lagi jika mengikutkan versi definisi anda sendiri jika anda berkemampuan
untuk emnjeaskan sebuah istilah atau konsep dari pada nglink ke situs lain dan
memberikan trafik anda.
3. Presentasikan sebuah teori atau argumen
Jika anda blogging tentang politik, tulislah
sebuah artikel yang mendiskusikan teori anda tentang komunisme, demokrasi,
kapitalisme atau khilafah akan bisa menjadi artikel pilar yang bagus.
Hal yang terpenting disini adalah menyajikan
beberapa pemikiran yang unik. Berikan opini anda pada bebeapa isue besar dalam
industri anda, atau bahkan pada topik utama yang mungkin pembaca anda akan
tertarik.
Cobalah untuk tidak sekadar mengulangi apa
yang telah dikatakan dan sajakan dengan jelas apa pendapat anda. Pancing
pembicaraan, mungkin juga kontroversi, tentang topik yang seringkali didiskusikan
dan tidak bergantung waktu dan anda akan mengalirkan trafik ke blog anda.
4. Buatlah sebuah resource seperti laporan
gratis, whitepaper atau e-course
Hal ini adalah salah satu konsep pilar
favorit saya.Sebuah dokumen seperti sebuah whitepapper (sebuah dokumen kecil, 2
– 10 halaman, yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu) atau serial dari
artikel yang dikombinasikan untuk membuat sebuah kursus, adalah sebuah pilar
yang fantastis. Anda punya beberapa pilihan untuk menyajikan informasi itu:
●
Buatlah PDF yang bisa di download pembaca
anda, seperti apa yang bisa anda baca sekarang. Keuntungan dari cara ini adalah
file bisa dibagikan dengan mudah (sebagai contoh diforward lewat email – hint,
hint ;-) ) dan anda akan mendapatkan efek dari viral marketing, utamanya jika
anda memproduksi e-book atau report dengan kualitas bagus.
●
Tuliskan konten dalam beberapa posting blog
dan interlink-kan semua. Anda juga bisa menjadikan mereka highlight serial
tersendiri di arsip anda atau halaman artikel.
Jika anda mengunjungi bagian artikel
di blog saya dibawah heading “Free Report”, anda akan melihat sebuah contoh
dari sebuah laporan PDF yang saya letakkan bersama Brian
Clark , ini adalah contoh yang bagus dari
konten pilar resource gratis.
Jika anda tidak bisa memutuskan cara mana
yang terbaik untuk mendistribusikan konten pilar resource gratis anda, saran
saya adalah tawarkan sebanyak mungkin cara. Buatlah PDF yang bisa di download,
lewat posting dan via mailist juga.
Dengan cara itu anda bisa memaksimalkan
liputan dan menjangkau audien lebih luas.
Hal
penting dari konsep ini adalah untuk menciptakan solusi lengkap untuk sebuah
masalah umum. Mirip dengan artikel how-to, resource gratis adalah konsep pilar
yang ampuh karena hal ini menunjukkan keahlian anda dan membawa trafik tetap.
5. Satu lagi konsep pilar yang popular adalah
Daftar artikel.
Anda mungkin sudah melihat di beberapa blog
lain. Biasanya judulnya berbunyi “Tujuh cara jitu untuk...” atau “10 tips Untuk
Meningkatkan...” dll. Pekerjaan ini berjalan baik untuk beberapa alasan.
1. List itu bisa dibuat dengan mudah oleh
manusia.
Sudah di tes dan dibuktikan bahwa artikel
sejumlah 300 – 700 kata yang banyak dan jelas mengandung daftar dot-point
bullet dan kompilasi headline adalah pendorong trafik yang bagus. Dalam
kasus ini, semua tentang penyederhanaan konsumsi dari banyak orang dengan
sedikit perhatian – i.e kebanyakan wen surfer.
2. List bisa menyediakan pelajaran langsung
yang bisa di laksanakan dan orang senang untuk berbagi list dengan orang lain.
Akibatnya
artikel list seringkali di link oleh orang lain dan ditambahkan ke situs
bookmarking sosial yang medatangkan trafik.
Artikel list di sajikan dengan mengikuti
seluruh standar aturan konsep artikel pilar – timeless, konten orisinil, ide
pemecahan masalah – dan anda bisa menbuatnya bisa di aplikasikan langsung oleh
audien anda, kebanyakan list akan menjadi pilar.
Buatlah daftar topik yang dijangkau
kebanyakan orang atau konsep yang sederhana. Seperti biasanya semakin banyak
anda mengikutkan cerita pemikiran anda gaya unik, semakin besae kemungkinan
list anda akan bekerja bagus.
6. Blueprint Teknis.
Sebuah blueprint teknis mirip sekali dengan
how-to dan whitepaper, tetapi lebih fokus kepada aspek teknis dari masalah.
Blogger dengan fokus technolgy sangat tepat untuk membuat pilar blueprint
karena mereka senang sekali memakai graph, spreadsheets dan gambar untuk
mendemostrasikan bagaimana melakukan sesuatu.
Sebuah blueprint teknis adalah artikel
panduan langkah-demi langkah yang disertai visualisasi yang mendemostrasikan
bagaimana melakukan sesuatu.
Designer
dan programmers menggunakan posting gaya ini menunjukkan bagaimana membuat sebuah website, mendesign gambar
dengan Photoshop, menkodekan software, atau pekerjaan lebih sederhana untuk
melampirkan file ke email.
Anda bisa menerapkan prinsip ini hampir di
semua industri yang kemungkinan perkerjaan umum merupakan hal komplek untuk di
pahami. Dalam hal ini lebih banyak menujukkan gambaran daripada sebuah cerita.
Secara pribadi, saya lebih mudah menulis
cerita daripada harus mengambil banyak screenshoots dan foto, tetapi mungkin
tidak berlaku untuk anda. Jika anda mempunya akses ke resource yang dibutuhkan,
membuat blog dengan gaya blueprint yang menjelaskan dengan jelas bagaimana
melakuakan sesuatu adalah konsep pilar tang sempurna.
Itu sudah mencakup sebagian besar konsep
pilar yang bisa anda terapkan pada blog dan cobalah. Jika anda menulis sebuah
artikel setiap hari menggunakan konsep-konsep diatas, anda akan mempunya
fondasi kuat untuk menjadikan blog yang suskes. Yang hanya perlu anda tambahkan
adalah mengabungkan denga mareting yang efektif...
Semoga Bermanfaat!
0 Response to "Bagai mana Membuat Pilar?"
Posting Komentar